Model Pembelajaran Cooperatif Script



Cooperative Script
Model berguru Cooperative Script ialah model berguru dimana siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara ekspresi mengikhtisarkan, bagian-bagian dari bahan yang dipelajari. Makara model pembelajaran Cooperative Script ialah penyampaian bahan didik yang dipertamai dengan pemdiberian perihal atau ringkasan bahan didik kepada siswa yang kemudian didiberikan peluang kepada siswa untuk membacanya sejenak dan mempersembahkan/memasukkan ide-ide atau gagasan-gagasan gres kedalam bahan didik yang didiberikan guru, kemudian siswa diarahkan untuk memberikan ide-ide pokok yang kurang lengkap dalam meteri yang ada secara bergantian sesama pasangan masing-masing.

  Langkah-langkah
1.    Guru membagi penerima didik untuk berpasangan
2.     Guru membagi wacana/materi untuk dibaca dan dibentuk ringkasannya.
3.     Guru dan penerima didik tetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapada yang berperan sebagai pendengar.
4.    Pembicara membacakan ringkasannnya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok kedalam ringkasannya.  Sedangkan penerima didik yang lain berperan :
a.    Menyimak/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
b.      Memmenolong mengingat, menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan dengan  materi sebelumnya atau dengan bahan lainnya.
5.  Bertukar peran, tiruanla sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Dan lakukan kembali acara ibarat diatas (langkah pada acara 4)
6.      Guru dan siswa gotong royong membuat kesimpulan bahan pelajaran.
7.      Penutup

       Keunggulan
Model pembelajaran Cooperative Script baik dipakai dalam pembelajaran untuk menumbuhkan ide-ide atau gagasan baru, daya berfikir kritis serta menyebarkan jiwa keberanian dalam memberikan hal-hal baru  yang diyakininya benar.  Sehubungan dengan itu maka kelebihan dari model pembelajaran Cooperative Script ialah sebagai diberikut;
1.  Model pembelajaran Cooperative Script  mengajarkan siswa untuk percaya kepada guru dan lebih percaya lagi pada kemampuan sendiri untuk berpikir, mencari info dari sumber lain dan belajara dari siswa lain.
2.  Model pembelajaran Cooperative Script mendorong siswa untuk mengungkapkan idenya secara verbal dan membandingkan dengan wangsit kawannya. Ini secara  khusus bermakna dikala dalam proses pemecahan masalah.
3.  Model pembelajaran Cooperative Script memmenolong siswa berguru menghormati siswa yang berilmu dan siwa yang kurang berilmu dan mendapatkan perbedaan yang ada.
4.  Model pembelajaran Cooperative Script ialah suatu seni administrasi yang efektif bagi siswa untuk mencapai hasil akademik  dan social termasuk meningkatkan prestasi, percaya diri dan kekerabatan interpersonal nyata antara satu siswa dengan siswa yang lain.
5. Model pembelajaran Cooperative Script banyak menyediakan peluang kepada siswa untuk membandingkan jawabanannya dan menilai ketepatan jawabanan.
6.      Model pembelajaran Cooperative Script mendorong siswa yang kurang berilmu untuk tetap berbuat
7. Interaksi yang terjadi selama pembelajaran Cooperative Script memmenolong memotivasi siswa dan mendorong pemikirannya.
8.      Dapat meningkatkan atau menyebarkan keterampilan berdiskusi.
9.      Megampangkan siswa melaksanakan interaksi social
10.  Menghargai wangsit orang lain.
11.  Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Kelemahan
Setiap model pembelajaran niscaya mempunyai kelebihan dan belum sempurnanya, begitu juga dengan Model pembelajaran Cooperative Script ini. Adapun yang menjadi belum sempurnanya dari Model pembelajaran Cooperative Script ini ialah :
1.  Beberapa siswa mungkin pada pertamanya takut untuk mengeluarkan ide, takut dinilai mitra dalam kelompoknya.
2.  Tidak tiruana siswa bisa menerapkan Model pembelajaran Cooperative Script . Sehingga banyak tersita waktu untuk menandakan terkena model pembelajaran ini.
3.  Penggunaan Model pembelajaran Cooperative Script harus sangat rinci melaporkan setiap penampilan siswa dan tiap kiprah siswa, dan banyak menghabiskan waktu untuk menghitung hasil prestasi kelompok.
4.  Sulit membentuk kelompok yang solid yang sanggup bekerja sama dengan baik.
5. Penilaian terhadap anakdidik sebagai individual menjadi susah alasannya ialah tersembunyi di dalam kelompok.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Model Pembelajaran Cooperatif Script"

Back To Top